Tuesday, October 3, 2017

10 Perbedaan The Scorch Trials Versi Film dengan Novel



Film ini adalah salah satu film yang sudah lama saya tunggu-tunggu kehadirannya, karena kebetulan saya sudah baca keempat seri novel The Maze Runner karya James Dashner ini. Oh ya kalau pengen tahu apa aja judul novelnya, ini dia novel best seller karya James Dashner tersebut.
  1. The Maze Runner
  2. The Scorch Trials
  3. The The Death Cure
  4. The Kill Order
  5. The Fever Code

Ah ya kebetulan saya belum sempat baca seri kelima novel ini yang berjudul The Fever Code. Nah kali saya akan membahas perbedaan-perbedaan yang ada di film dengan buku kedua yang berjudul The Scorch Trials ini. Karena bagi seseorang yang sudah baca bukunya, kemudian nonton filmnya, pasti 'gatel' pengen sharing semua 'keganjilan-keganjilan' dan perbedaan tersebut.
Secara keseluruhan, film kedua ini tidak begitu mirip dengan novelnya. Terdapat beberapa 'penyimpangan' adegan dan cerita. Sehingga sewaktu teman saya bertanya, "habis ini mereka kemana, apa yang terjadi?" terus terang saya tidak bisa menjawab walau sudah membaca novelnya sebanyak 2 kali.
Ya, banyak adegan tambahan maupun pengganti yang tidak sama dengan yang diceritakan dalam novelnya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan versi buku dengan film yang telah berhasil saya rangkum sejauh ini.

1. Markas Wicked yang 'menyandera' orang-orang muda, dan Thomas dkk harus melarikan diri dari sana. Dalam novel, tidak ada adegan lari-lari dan kejar-kejaran sama security Wicked seperti itu, mereka dipersilahkan memutuskan apakah mau melewati "Flat Trans" atas kemauan sendiri atau tidak.

Adegan kejar-kejaran di markas Wicked, Teresa ikut juga?

2. Di buku diceritakan bahwa Teresa sudah tidak bersama rombongan Thomas dkk sejak awal mereka turun dari helikopter yang mengangkut mereka dari percobaan lokasi Maze. Di film Teresa ikut melarikan diri bersama, makan minum bersama mereka, bahkan berpetualang ke gurun bersama Thomas dan teman-temannya.

3. Di film mereka juga tidak diceritakan berjalan di lorong bawah tanah yang panjang dan gelap serta menghadapi monster 'pemakan kepala' sebelum mencapai gurun yang panasnya luar biasa. Padahal di buku diceritakan secara detail dan mengerikan.

4. Sebelum Min Ho tersambar petir, dalam novel diceritakan Thomas bertemu dan berbicara dengan seorang laki-laki tua yang terbaring di gurun sendirian dan menyuruh mereka pergi lari sebelum semuanya terlambat. Di film ini tidak digambarkan cerita ini sama sekali.

5. Jorge di buku dan di film juga berbeda. Melalui buku, saya memperoleh imajinasi bahwa Jorge adalah semacam pemuda berandalan yang memimpin segerombolan survival reruntuhan Kota Scorch. Tapi di film, Jorge tampak sudah berumur dan dewasa. Tapi saya puas dengan pemain Brenda. Ya seperti itulah dia dalam buku, kecuali, di buku Brenda lebih agresif sama Thomas. hehe *ehem

Brenda dan Jorge

6. Sedikit shock dengan kemunculan crank-crank yang ada di film. Sepintas mirip zombie di film World War Z atau I'm Legend, dimana di film-film tersebut zombie nya agresif banget! Exactly same! Tapi di novel diceritakan crank-nya masih bisa berbicara *ya walaupun omongannya ngawur seperti orang gila. Dan setahu saya, virus Flare ini nyerang otak. Tapi waktu Winston memperlihatkan perutnya hasil cakaran si crank, kelihatan banget semacam ada makhluk yang lagi tumbuh dan bergerak-gerak di perutnya Winston. Euww.. ngeri banget!

*Crank adalah semacam manusia yang sudah terinfeksi dengan virus The Flare namun telah mencapai tahap paling akhir atau tahap paling mengerikan. Pelan-pelan manusia ini akan menjadi semacam zombie / mayat hidup akibat menjadi inang bagi virus The Flare yang awalnya cuma menyerang dan berkembang melalui otak manusia*

7. Di buku diceritakan Teresa mengkhianati Thomas dkk bersama Aris. Tapi di film, Teresa sendirian yang mengkhianati. Dan lagipula, bentuk pengkhianatannya tidak seperti itu. Teresa bekerjasama dengan Grup B (kelompok para wanita yaitu Harriet & Sonya dkk) untuk membunuh Thomas.

Aris akhirnya bertemu dengan Sonya dan Harriet

8. Di buku diceritakan mereka semua (Grup A dan Grup B) berhasil mencapai 'surga yang dijanjikan' bersama-sama. Kemudian mereka melawan suatu makhluk yang memiliki banyak bola kuning seperti bohlam. Kemudian mereka masuk ke peti-peti sambil menunggu sambaran petir gilan-gilaan berhenti menyambar yang dapat menggosongkan mereka, kemudian naik dan membajak salah satu Berg (semacam pesawat / helicopter) Wicked.

9. Di buku diceritakan Thomas sempat tertembak, lalu diangkut Berg Wicked kemudian disembuhkan dan dikembalikan lagi kepada teman-temannya di gurun Scorch. Di film diceritakan Min Ho yang malah 'berhasil' diculik salah satu Berg Wicked. Dan anehnya lagi, si Ava Paige ini sampai bela-belain ikut di Berg itu. Padahal di buku gak ada Ava Paige turun tangan sama sekali.

Ava Paige naik Berg sama Teresa di final battle

10. Di film tidak diceritakan semua ending part tersebut. Malah di ending film, terjadi battle gila-gilaan antara survival Right Arm dan kelompok Thomas dkk dengan pihak Wicked.


Ya secara keseluruhan tidak mengecewakan juga. Walaupun ceritanya banyak yang menyimpang dari novel. Banyak faktor kejutan yang dihadirkan, terutama bagian dikejar-kejar cranck itu, serem banget!

Jadi, ini dia kesimpulanku setelah nonton film ini. Apa kalian juga menemukan perbedaan-perbedaan lain antara buku dengan film The Scorch Trials? Share disini yuk! :)





0 comments:

Post a Comment

Add Coments Below :