Tuesday, August 8, 2017

Review Dunkirk : Film yang Komplit!


Orang bilang, segera tulis apa yang ada di pikiranmu ketika itu sedang "hangat-hangatnya" ada di kepalamu. Tepat saat pemikiranmu itu sendiri sedang memuncak dan penuh dengan ide-ide segar dan opini yang mengalir di pikiran, belum tercampur dengan anggapan dan masukan dari orang lain.

Dan hal itu akan saya terapkan setelah menonton Dunkirk. Film ini bersetting tentang World War II di pesisir Negara Belgia bernama Dunkirk. Dimana di Dunkirk ini tentara aliansi Inggris dan Perancis terperangkap dari serangan udara dan darat tentara Jerman. Saya tergolong telat banget nonton Dunkirk. Yahh kira-kira hampir sebulanan film ini ada di bioskop, dan saya baru nonton, itupun gak niat-niat amat, cuma karena penasaran sama film garapannya Christopher Nolan.

Dan.. eng ing eng..! Saya dapat banyak surprise dari film ini. Termasuk kehadiran Harry Styles (kyaaaa!!) sebagai Alex. Meenn.. ini gimana ceritanya anggota One Direction bisa ada di film action begini.. hadehh.. you shock me Nolan!

Kemunculan mendadak Harry Styles yang bikin gemetaran! *first appearance dia di air sih harusnya


Mungkin akan ada banyak yang meng-"ahh.." atau "ihhh... kok baru tahu sih kalau Harry Styles main di Dunkirk?" Ya, saya memang gak tahu apa-apa *cupu. Boleh dikata itu sebuah kerugian, tapi percayalah rasanya dapat shocking surprise kemunculan mendadaknya Harry Styles itu rasanya tidak terkatakan. Un-speak-able.. Mana dia mainnya sampai ending lagi, siapa yang gak bahagia banget coba?? Btw, saya nulis post ini tentu sambil dengerin lagu-lagunya One Direction dongg.. biar semakin tercyduk gitu hatinya. Haha!


Dunkirk film yang bagus menurut saya terlepas dari munculnya Harry Styles. Here's why :

1. Film bikinannya Nolan itu khas dia banget lah..


Dari segi visual dan efek-efek CGI gitu lah. Jadi keinget film Interstellar. Kalau di Dunkirk, yang khas dari dia itu sisi pengambilan gambar waktu adegan tembak-tembakan di udara antara pesawat pengebom Jerman sama pesawatnya Farrier (Tom Hardy). Visual sering berputar 360 derajat tanpa membuat pusing mata penonton, bahkan justru jadi tambah epik! Visual langit dan laut yang berputar, berbalik, dan menukik membuat saya seolah-olah rasanya lagi maen game pakai stick PS atau VR! Padahal saya nontonnya gak 3D lho alias cuma reguler biasa. Tapi rasanya saya masuk kedalam dunia VR game dan jempol tangan jadi ikut-ikutan tekan tombol "fire"!  Wahaha

2. Nolan membuat psikis seseorang lebih 'bermain' dengan sedikitnya dialog antar pemain.

Justru dia menonjolkan rasa takut dan trauma prajut-prajurit itu melalui acting, mimik wajah, dan tindakan. Intinya, gak perlu banyak omong aja inti dan maksudnya udah dapet banget. Para prajurit ketakutan kalau suruh duduk di dalam kapal, karena trauma kapal kena bom dan terperangkap gak bisa meloloskan diri.

3. Semua porsi pemain mendapat jatah masing-masing yang tepat.

Ya bandingannya mungkin cuma Game of Thrones kali ya. Pemainnya buanyaaakk banget tapi semua dapat jatah porsi penceritaan dan penokohan yang tepat. Tom Hardy sebagai pilot, ya tugasnya membasmi musuh di udara. Bagi prajurit yang survive ya gimana caranya mereka dapat kapal buat pulang. Buat para komandan ya mikir gimana nasib prajurit dan anak buahnya biar bisa dievakuasi dari Dunkirk. Gimana peran para penduduk sipil yang bantu evakuasi dengan cara menyediakan kapal. Semuanya berjuang dan berkorban dengan caranya sendiri-sendiri.

4. Sempat beberapa kali salah fokus sama mata birunya Collins (pilot temennya Tom Hardy)
Pilot Collins. Sayang mata birunya yang indaaahh~ gak kelihatan disini

Ya Tuhaaann.. baagussss banget mata biru langitnya ya ampuunn.. jatuh cinta banget lah pokoknya sama mata birunya Collins. Oh ya, matanya Kenneth Branagh (yang jadi Commander Bolton) bagus juga biru-deep-oceannya (apalagi pas dia nangis terharu). Trus gak lupa matanya Harry Styles gak lupa ya dongg.. Hhee
Commander Bolton

Oh ya, Kenneth Branagh ini yang main di Harry Potter and the Chamber of Secrets jadi Prof. Lockhart. Eeelah pantesan aja familiar sama dagunya yang khas itu, cuma ssbelumnya gak inget pernah lihat dia main film dimana, eh di Harry Potter ternyata.

5. Oh ya, pemain Dunkirk ini jaminan ganteng-ganteng semua!

Padahal saya yakin mereka pada gak mandi berhari-hari, bahkan ada yang sampai berbalur minyak bahan bakar kapal tapi tetep aja kelihatan charming tuh! Hihihi.. Ada beberapa perempuan yang juga ikut main di film Dunkirk, tapi entah mengapa saya kok merasa film ini isinya laki-laki semua (mungkin porsinya memang dibuat demikian), mana ganteng-ganteng semua lagi! Aihh..

6. Film ini memang gak berdarah-darah kaya film Hacksaw Ridge, tapi justru disitulah letak bagusnya.

Film seperti ini gak perlu melulu mengusung rasa takut penonton melalui adegan berdarah-darah hasil baku tembak. Bahkan tentara Jerman yang notabene musuh utama di film ini pun malah terkesan sebagai 'pemain sampingan'. Terbukti dari gak ada satupun scene yang menunjukkan tentara Jerman lagi nyiapin rencana nembakin musuhnya, dan bahkan gak ada scene orang Jerman lagi berdialog-dialog nyusun rencana gitu, sedikitpun (kalau saya gak salah ya).
Tapi hebatnya, penonton udah 'dapet' inti cerita bahkan tanpa Jerman perlu ngomong apa-apa! Haha.. hebat gak tuh si Nolan?

7. Film ini komplit!

Ada unsur takut/deg-degan (Collins terjebak di pesawat yang tenggelam, orang-orang yang panik terperangkap dalam kapal yang tenggelam setelah kena torpedo, kapal yang dijadikan sasaran latihan tembak sampai tenggelam), terharu/sedih (waktu The Blind Man ngasih selimut without even look them in the eye~  hiks), bahkan mampu membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotik terhadap bangsa dan negara masing-masing. Baru sekali ini ngerasa begini setelah nonton film, what a colorful feeling! Hehehe

Kalau opini dari dek Harry Styles sendiri soal film Dunkirk ini sih katanya film ini berbeda dengan film bertema perang kebanyakan yang biasanya mengusung aksi kepahlawanan (being a hero and saving the day), tapi lebih ke community heroism dan bagaimana aksi kecil dari beberapa penduduk lokal mampu membantu upaya penyelamatan para tentara dan membuatnya menjadi hal yang sangat besar dan berarti.

"It's about the spirit of people. When people come together, you can doing incredible things" - Harry Styles


Yup, itu beberapa highlight dan poin saya dari hasil menonton Dunkirk (yaelah susah banget pengucapannya) haha. Kalau menurut kalian, apa aja nih highlightnya?













0 comments:

Post a Comment

Add Coments Below :